"Hand Job" Filter for Landscape Photography

Bagi fotografer landscape, sebuah filter adalah wajib dimiliki, seperti GND atau CPL. Hal ini diperlukan untuk mengurangi cahaya yang masuk, khususnya untuk hunting sun rises, sunset atau slowspeed. Apalagi jika menginginkan  komposisi ada foreground yang masuk dan tetap pas cahayanya, namun efek cahaya langitnya masih terjaga sesuai yang diinginkan. Karena biasanya jika tanpa filter langitnya bagus tapi forgroundnya siluet.
Nah, ada tips nih bagi temen-temen yang hunting sun rises/sunset ga punya filter atau  bingung pake filter apa, atau mungkin terlalu mahal jika beli yang berkualitas bagus.
Temen-temen bisa coba pake teknik “hand job” dari saya. Eitssss… “hand job” disini bukan manual stimulation saru yang ditemukan di situs pencari google dll ya hehehe. Ini hanya sebuah istilah yang spontan tercetus dari seorang teman fotografi saat membahas hasil jepretan foto saya yang memang pake teknik manual stimulation telapak tangan yang saya tutupkan di depan lensa sebagai pengganti filter sebagaimana mestinya. Tidak hanya ditutup saja, tapi juga harus distimulasi naik turun pake perasaan juga loh agar dapet pencahayaan yang dinamis hehehe.
Dalam dunia fotografi, cara ini sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan “Black Card Technique”. Namun karena saya tidak menggunakan Card melainkan Telapak Tangan, maka disebut “HandJob” wekekeke.
Berikut contoh foto saya hasil “hand job” tanpa menggunakan filter gnd/cpl. Dan hampir semua foto sunrise dan sunset saya di web ini rata-rata menggunakan teknik ini.
Dan kalau pun masih ingin diedit lagi efek langitnya tidak terlalu susah, karena pada dasarnya foto aslinya sudah indah dipandang mata seperti di bawah ini saya foto dengan mode manual 32″ F13 ISO 100.
Warm Sunrise from Sikunir
Beauty of Sunrise Sikunir
Semoga tips ini berkenan dan berguna.
Maaf untuk foto pas saya nge-handjob blum ada fotonya, soalnya belum ada yang motretin, ini saya kasih video Black Cardnya saja ya, tekniknya sama.. lagian malu ah klu handjob direkam wekekeke.. :p

-salam-

Share this:

19 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *