IBX5820939B7836E

Selamat Hari Raya Galungan

Published by Fiandigital ™

Selamat Hari Raya Galungan

Beberapa hari yang lalu, kebetulan saya berada di Bali karena pekerjaan, selama 4 hari 3 malam saya banyak bertemu orang baru termasuk orang asli Bali. Banyak cerita sih, salah satunya kalau sedang ada Hari Raya Galungan begini hampir seluruh aktifitas belajar dan perekonomian berhenti sejenak kecuali pariwisata.

Hari ini (1/11/17) umat Hindu Bali merayakan Hari Raya Galungan yang merupakan perayaan kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (kejahatan). Hari Raya Galungan ini diperingati setiap 6 bulan sekali dan tidak hanya diperingati oleh umat Hindu Bali yang tinggal di Bali, tapi juga umat Hindu Bali yang merantau di daerah lain.

Saat Hari Raya Galungan masyarakat umum di Bali libur fakultatif selama 3 hari mulai hari Selasa (Penampahan Galungan) sampai dengan hari Kamis (Umanis Galungan) sementara perayaan Galungan sendiri dilaksanakan pada hari Rabu.

Sedangkan untuk anak-anak sekolah di Bali libur 2 minggu, selain libur lokal juga bisa sebagai pengganti libur nasional hari raya idul fitri, karena saat lebaran umat muslim nasional tersebut mereka beraktifitas biasa dan tidak ada libur panjang.

Libur di Hari Raya Galungan ini sama seperti Hari Raya Idul Fitri umat muslim pada umumnya. Mereka yang merantau kembali ke kampung halamannya untuk berkumpul bersama keluarga.

Sayang sekali, saya harus pulang ke Semarang sebelum Hari Raya Galungan. Keindahan upacara adat dan segala aktifitas saat Hari Raya Galungan sebenernya cukup bagus sebagai salah satu tujuan Wisata Terindah di Bali khususnya yang hobi fotografi seperti saya. Tapi apa daya langkah kaki harus melanjutkan kewajiban lain, semoga suatu saat nanti saat Hari Raya Galungan tiba saya bisa kembali ke Bali, menyaksikan sekaligus mengabadikan kearifan lokal yang indah dalam segala keanekaragaman budaya dan agama di Indonesia. Gimana? Mau Join? Hayukkkkk…..

Akhir kata, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan khususnya untuk teman-teman saya di Bali, semoga kita semua diberikan kedamaian dan kebahagiaan.

Rahajeng Rahina Galungan dan Kuningan

Selamat Hari Raya Galungan
Rate this post

Share

No Response to “Selamat Hari Raya Galungan”

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.