image source: youtube

Ketika Anda sedang mencari-cari harga TV di internet. Untuk Anda yang masih kurang paham apa perbedaan di antara keduanya, di bawah ini merupakan ulasannya. Namun sebelum itu, ada satu hal yang patut diketahui bahwa TV LED lebih unggul dari TV LCD. Tentu saja karena mereka dari generasi yang berbeda.

Berikut merupakan perbedaan TV LED dan TV LCD serta alasan mengapa TV LED lebih unggul dari TV LCD.

  1. Material yang digunakan dan cara kerjanya

TV LCD menggunakan material dasar Liquid Crystal Display, sementara TV LED menggunakan Light Emiting Diode. Perbedaannya adalah berikut ini, TV LCD bekerja dengan cara memantulkan sumber cahaya backlight untuk kemudian mengubahnya menjadi sub piksel yang terdiri dari 3 warna. TV LED merupakan terusan dari TV LCD, TV LED menggunakan lampu LED sebagai backlight untuk menghasilkan cahaya yang nantinya akan melewati proses filtrasi hingga warna pada gambar menyebar secara merata pada keseluruhan layar.

  1. Konsumsi listrik

Berbeda material tentu berbeda pula konsumsi listriknya. Pada TV LED, konsumsi listrik yang dibutuhkan lebih sedikit karena penggunaan lampu LED sebagai material backlightnya. Sementara TV LCD menggunakan lampu neon sebagai penghasil cahaya yang jatuhnya jelas lebih boros daripada lampu LED.

  1. Tingkat kontras

Pada TV LCD, kontras yang dihasilkan tidak setinggi TV LED. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan lampu fluorescent atau neon yang digunakan sebagai sumber cahaya pada TV LCD. Sementara TV LED menggunakan Light Emiting Diode sebagai sumber cahaya yang mampu menghasilkan tingkat kontras yang lebih tinggi dan cenderung berwarna lebih gelap namun lebih kaya warna.

  1. Ketebalan layar

Pada TV LCD, layar cenderung lebih tebal dibandingkan dengan TV LED karena material yang digunakan pun memang berbeda.

  1. Daya tahan

TV LED cenderung lebih tahan lama karena sekali lagi penggunaan lampu LED tersebut.

Setelah melihat ulasan berikut, mungkin dapat Anda pastikan pilihan TV untuk Anda. Anda akan dibingungkan dengan artikel-artikel yang membandingkan harga TV LCD dengan harga TV LED.