Langkah Pengobatan Polip Hidung

source image: halodoc

Dari yang Ringan Hingga Berat

Polip hidung merupakan jaringan yang terdapat di bagian saluran hidung yang ada di dalam. Bentuk dari polip hidung mirip seperti buah anggur dan posisinya menggantung di dalam hidung. Setiap orang berpotensi mengalami masalah kesehatan polip hidung. Akan tetapi, orang lanjut usia di atas 40 tahun punya resiko yang lebih besar ketimbang usia di bawahnya. Pria juga punya resiko yang lebih besar mengalami sakit polip hidung ketimbang wanita.

Langkah pengobatan pada polip hidung tentunya dilakukan sesuai dengan kondisi polip hidung yang terjadi dan juga gejala-gejala yang muncul. Polip hidung bisa disembuhkan dengan obat polip hidung tanpa operasi dan dalam beberapa kondisi yang parah memang harus membutuhkan tindak operasi.

Mulai dari tingkatan yang paling ringan, polip hidung bisa diobati dengan kortikosteroid. Jenis obat ini bekerja untuk mengurangi ukuran polip hidung. Bahkan untuk beberapa kondisi polip yang ringan, kortikosteroid dapat bekerja untuk menghilangkannya tanpa bekas. Obat ini hadir dalam beberapa bentuk mulai dari tetes, semprot, tablet sampai dengan suntik dan juga kombinasi.

Kortikosteroid merupakan obat polip hidung yang mempunyai efek samping yang perlu untuk diperhatikan. Efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan obat ini adalah tekanan darah yang naik. Untuk bentuk tablet dan suntik tidak direkomendasikan digunakan dalam jangka panjang. Jauh lebih baik dalam penggunaan kortikosteroid dengan anjuran dokter agar dosis yang digunakan lebih tepat dan bekerja lebih efektif.

Selain kortikosteroid, dokter juga dapat memberikan resep obat lainnya untuk mengatasi polip hidung berupa antihistamin yang digunakan untuk alergi ataupun antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi pada hidung dan juga sinus.

Pada kondisi yang lebih parah, dimana ukuran polip hidung terlalu besar, bisa jadi obat-obatan yang disebutkan di atas tidak efektif penggunaannya dan perlu dilakukan tindak operasi untuk mengangkat polip hidung. Tindak operasi dilakukan memakai teknik endoskopi. Lantaran tidak adanya sayatan selain pada bagian polip, maka pada tindak operasi ini resiko adanya pendarahan lebih kecil.

Polip hidung juga bisa memunculkan komplikasi apabila tidak segera ditangani. Salah satu komplikasinya adalah sinusitis. Bicara mengenai sinusitis, masalah kesehatan yang satu ini bisa diatasi salah satunya dengan obat Modexa. Modexa obat sinusitis dari goapotik bisa didapatkan dengan mudah.

loading...
Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *