IBX5820939B7836E

Menyusuri Hutan Mangrove Morosari

Published by Fiandigital ™
Seperti menyusuri Sungai Amazon hehehe...

Seperti menyusuri Sungai Amazon hehehe…

Pesona Menyusuri Sungai Hutan Mangrove

Hutan mangrove, salah satu tujuan menarik juga bagi saya hehe. Menyusuri sungai seolah seperti di sungai Amazon sana wekekekeke..

Wisata Mangrove Morosari yang terletak di Sayung, Demak, Jawa Tengah ini cukup ok walau belum maksimal karena baru dibangun dan resmi dibuka tahun 2014 ini. Segala Sarana dan prasarana dari awal mulai akses jalan menuju ke lokasi ini memang belum maksimal digarap oleh pemerintah setempat. Namun lokasi hutan mangrovenya sendiri sudah oke.

Suasana di dalam hutan mangrove

Suasana di dalam hutan mangrove

Bagi yang tertarik ke sini saya sarankan datang pukul 6 pagi, karena semakin siang air laut pasang dan kapal atau prau tak bisa melewati kawasan hutan dengan maksimal. Padahal kalau bisa menyusuri semua kita disajikan pemandangan hutan yang indah.

Tak cuman itu, lokasi ini dulunya adalah perkampungan, dan masih ada sisa bangunan bahkan ada keluarga yang bertahan tinggal di kawasan ini.

Salah satu Masjid yang tertinggal di kawasan hutan mangrove

Salah satu Masjid yang tertinggal di kawasan hutan mangrove

Di kawasan ini kita masih banyak menemukan spesies burung Blekok Sawah, ibarat studio foto ini adalah studio birding yang cukup luas hehe. Bagi pecinta birding saya yakin tak kecewa jika melakukan susur sungai di kawasan ini.

Ada ikan unik juga yang hidup di lumpur hutan mangrove, kata ilmuan ikan ini penghuni tetap kawasan mangrove, kalau penduduk sekitar menyebutnya Ikan Blodog atau nama ilmiahnya Boleophthalmus boddarti, unik karena kadang loncat kayak kodok hehe.

Pemandangan Landscape Morosari

Pemandangan Landscape Morosari

Perjalanan pulang pun punya cerita sendiri di kawasan ini, salah satunya karena air sudah pasang atau surut, kalau pas apes ya kapal kita kandas terjebak di tengah hahahaha, tapi jangan kuatir perahu sewaan sudah hapal jalurnya makanya jangan kesiangan kalau ngetrip di sini, dan biasanya prahu akan membawa kita ke tengah laut yang biasa dijadikan nelayan untuk mencari ikan atau sekedar tempat mancing warga sekitar. Karena air surut kadang dijadikan lokasi berenang anak-anak warga sekitar.

Anak-anak warga sekitar bermain saat air surut.

Anak-anak warga sekitar bermain saat air surut.

Eh iya, walau di tengah laut, lokasi ini juga terdapat sebuah makam ulama besar. Kiai Mudzakir atau Syech Mudzakir. Ceritanya beliau ini adalah pejuang kemerdekaan dan ulama besar di jamannya yakni antara 1900 sampai 1960 an, tanah kelahirannya dari desa Wringin Jajar kecamatan Mranggen, karena demi tuntutan Agama dan perjuangan maka syech Mudzakir menetap nengembangkan ajaran Islam dipesisir pantai Sayung Demak.

Makam ulama

Makam Kiai Mudzakir atau Syech Mudzakir yang terletak di tengah laut.

 

So, selain pesona hutan mangrove tempat ini cukup asyik bagi temen-temen yang suka wisata alam.

Untuk tarifnya juga cukup murah, hanya 100 ribu/trip/kapal untuk 12 orang. Hehehe bukan promosi lho.. cuman informasi :p

_______________________________________________________________

dieng 2d1n  dieng 1dt

 

Menyusuri Hutan Mangrove Morosari
(93.33%) 3 likes

Share

No Response to “Menyusuri Hutan Mangrove Morosari”

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.