Chinatown Bandung, Tempat Wisata Kekinian yang Wajib Kamu Kunjungi

Kamu sudah pesan tiket pesawat ke Bandung, tapi belum tahu mau ke mana? Bandung memang punya beragam tempat wisata, mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, hingga belanja. Nah, sekarang kamu juga bisa menikmati serunya wisata ala zaman now yang sedang ngetren di Bandung.
Salah satunya adalah Chinatown Bandung. Bertempat di kawasan Pecinan Bandung, lokasi destinasi wisata anyar ini berdekatan dengan Vihara Samudera Bhakti dan Kelenteng Satya Budhi. Atmosfir oriental bakal menyambut kamu begitu menginjakkan kaki di kawasan ini.
Lalu, apa saja yang bisa kamu nikmati di Chinatown Bandung?

Menelusuri jejak budaya Tionghoa di Bandung

Chinatown Bandung (Sumber: liburansamakeluarga.blogspot.com)

Menempati lahan seluas 2.000 m2, Chinatown Bandung memiliki deretan bangunan berarsitektur khas Tionghoa. Dominasi warna merah menambah nuansa oriental di Chinatown Bandung. Kehadiran ornamen seperti patung-patung, lampion, dan papan bertuliskan huruf kanji, serta alunan musik tradisional Tionghoa membuat kamu lupa tengah berada di Bandung.
Di bagian kiri pintu masuk, kamu bisa masuk ke Bandung Chinatown Museum. Meski ukuran museum ini terbilang mini, tetapi kamu dapat menelusuri jejak budaya Tionghoa lewat benda-benda antik dan unik yang ditampilkan. Misalnya, piring berlukis naga atau komik silat legendaris karya Kho Ping Ho yang populer pada era 1970-an. Sementara, pada sisi lain ruangan, terpampang infografis yang menuturkan sejarah keberadaan etnis Tionghoa di Bandung dari masa ke masa.

Menikmati kuliner peranakan dan jajanan khas Bandung

Jalan-jalan di Bandung memang nggak lengkap tanpa makan-makan. Di Chinatown Bandung kamu bisa menikmati aneka hidangan khas peranakan dan jajanan khas Bandung. Sebut saja, siomay, bakpau, mie yamin, hingga dim sum.
Pecinta makanan Sunda juga tak perlu khawatir. Beberapa gerai juga menyajikan jajanan khas Bandung dan makanan tradisional Sunda. Walau berbalut nuansa pecinan, semua makanan yang disajikan di sini halal lho. Harga yang dikenakan untuk setiap menu juga tergolong standar. Jadi, kamu bebas bersantap tanpa rasa khawatir.

Kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di Chinatown Bandung


Suasana China Town Bandung (sumber: bawaransel.com)

Lihat-lihat sudah, perut juga sudah terisi. Apalagi yang bisa kamu lakukan saat berada di Chinatown Bandung? Tentu saja belanja dan foto-foto! Di sini kamu bisa menjumpai toko cenderamata dan membeli oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah.
Selain itu, terdapat jasa penyewaan kostum tradisional Tionghoa. Setiap kostum disewakan dengan harga Rp150.000, biaya make up Rp25.000, dan biaya cetak foto Rp25.000. Mahal atau murah relatif sih, tergantung kondisi dompet kamu saat liburan. Namun, pengalaman berwisata akan lebih maksimal jika kamu berkeliling Chinatown sambil mengenakan kostum tradisional ini. Setuju?

Berburu spot foto instagramable

Namanya juga tempat wisata zaman now, kurang lengkap jika tidak punya spot foto yang layak masuk Instagram alias instagramable. Kalau kamu nggak mau menyewa kostum, foto-foto sendiri di beberapa spot berikut juga sama serunya.
Beberapa spot foto favorit pengunjung antara lain jembatan merah, berdiri di bawah lampion cantik, atau berfoto dengan latar bangunan yang ada di sepanjang kawasan Chinatown Bandung.
Di mana lokasi Chinatown Bandung?

Tiket Chinatown Bandung (Sumber: ikutilangkahkaki.com)

Kamu bisa mengunjungi Chinatown Bandung di Jalan Kelenteng No. 41, Ciroyom, Andir, Bandung. Buka setiap hari mulai pukul 12.00-22.00, harga tiket masuk cukup terjangkau, yakni sekitar Rp10.000-Rp20.000 tergantung hari kunjungan.
Seru kan jalan-jalan di Chinatown Bandung? Jangan ragu lagi, segera beli tiket Garuda Indonesia hanya di Airy. Membeli tiket pesawat lewat aplikasi ini dijamin bebas penipuan dan pasti aman. Apabila ada perubahan rencana, kamu bisa memanfaatkan fitur refund dan reschedule untuk mengubah perjalanan. Plus, Airy juga tak hanya cocok untuk liburan, tetapi juga memudahkan perjalanan dinas kamu.

Jadi, mau mulai liburan ke Bandung bersama Airy sekarang? Yukzzz……
loading...
Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *