thumb_IMG_1439_1024

Merawat AC Mobil Agar Lebih Awet Dan Tetap Dingin

Sebuah mobil pribadi tanpa AC mungkin agak kurang nyaman ya, apalagi jika digunakan untuk perjalanan jauh saat musim panas. Tak hanya saat musim panas, peran AC sangat penting saat musim penghujan agar kaca tidak berkabut dan membayakan pengemudi.

Tak sedikit yang merasa AC mobil bermasalah, kurang dingin atau bahkan bau apek saat dinyalakan. Hal ini cukup mengganggu, misal saat naik taksi online atau konvensional yang kabinnya kurang terawat khususnya AC pasti membuat kita sebagai penumpang kurang nyaman, apalagi mobil pribadi yang seharusnya punya perawatan khusus.

Kok bisa AC mobil tidak dingin bahkan bau apek?

Saya sebagai orang awan di dunia otomotif cuman bisa berfikir logika. Kita pasti punya Kulkas kan? Lemari pendingin yang pasti awet bertahun-tahun tetap dingin tanpa service bahkan isi freon. Sama dengan AC mobil, pada dasarnya komponen yang ada seharusnya bisa awet seperti kulkas tidak perlu isi freon berkala.

Namun kenyataannya, banyak pemilik mobil yang mendapati kasus AC mobil tidak dingin dan bau tidak sedap. Trus apa dong penyebabnya?

Menurut saya, penggunaan pengharum mobil, ruang kabin yang kotor berdebu dan asap rokok adalah penyebabnya. Nikotin dari asap rokok dan bahan yang ada pada pengharum mobil yang berkualitas rendah bisa meninggalkan lendir bahkan flek pada evaporator dan jika sudah menjadi kerak akan sulit dibersihkan.

Jika kerak dan korosi terlalu lama dibiarkan akan mengakibatkan kebocoran pada saluran evaporator dan ini yang menyebabkan AC tidak dingin karena Freon bocor keluar. Jadi kalau service AC mobil dikatakan Freon habis dan harus isi ulang berarti dipastikan saluran evaporator ini ada kebocoran. Biasanya bengkel service AC mobil tidak akan membongkar dan menambalnya tapi cuman isi ulang Freon yang dipastikan akan habis lagi dalam waktu 3-6 bulan.

Agar masalah ini tidak terjadi pada mobil kesayangan anda maka rawatlah dengan baik sejak awal membeli.

Berikut tips agar AC mobil awet:

1. Jaga Kebersihan Ruang Kabin

Menjaga kebersihan ruang kabin adalah hal penting agar tidak kotor dan berdebu dan interior juga awet, hal ini berpengaruh pada AC karena filter udara AC selalu menyaring udara dalam kabin. Jangan sering membuka jendela terlalu lama saat berkendara, polusi udara di jalan raya sangat penuh partikel yang tidak baik untuk ruang kabin dan kesehatan. Segera bersihkan karpet jika sepatu atau alas kaki anda sangat kotor. Setidaknya 1-2 minggu sekali bisa divakum untuk menjaga kebersihannya.

2. Pilih Pengharum Mobil yang Tepat

Banyak sekali pengharum mobil dengan bahan baku bervariasi. Hindari pengharum berbahan baku gel, kenapa?. Karena bahan gel terbuat dari bahan silikon yang akan menjadi lendir di saluran evaporator dan terbukti bisa meninggalkan bekas pada interior anda, biasanya nuansa ruang kabin akan menguning jika tidak sering dibersihkan.

3. Jangan Merokok di Dalam Kabin

Hal ini tidak bisa ditawar apalagi saat AC menyala. Jejak nikotin yang terkandung dalam rokok jelas akan meninggalkan noda di ruang kabin dan filter udara. Ini adalah penyebab utama kabin bau apek, merubah warna dan korosi pada saluran evaporator.

4. Bersihkan Filter Udara Kabin

2-3 bulan sekali bersihkan filter udara kabin yang terletak di belakang laci dashboard. Gantilah filter tersebut 6-1 tahun sekali. Jika anda merokok, gantilah sebulan sekali.

5. Perbaiki Saluran Evaporator yang Bocor

Kebanyakan orang tidak tahu kalau saluran ini bocor, jika AC tidak dingin dan bengkel menyarankan isi Freon berarti fix ini ada kebocoran. Segera diperbaiki saja, karena jika cuman isi Freon tidak akan bertahan lama.

6. Bersihkan Kondensor AC

Jika memungkinkan, saat cuci mobil bersihkanlah dari debu dan kotoran kondensor AC yang terletak di bagian depan mobil yang biasanya berhadapan dengan radiator. Jika hembusan AC keluar udara yang panas maka dipastikan kondensor ini bermasalah.

Nah, seperti itu kira-kira tips dari saya agar AC mobil awet. Ibarat ruang pribadi, ruang kabin mobil adalah ruang pribadi berjalan, maka sebisa mungkin rawatlah dengan baik. Karena kenyamanan akan terasa mahal harganya jika mengabaikan cara sederhana merawatnya.

Berbagi tak pernah rugi, semoga bermanfaat.

thumb_IMG_1438_1024