IBX5820939B7836E

Berburu Keindahan Milky Way

Published by Fiandigital ™
Milky Way

Milky Way

Keindahan Milky Way atau Galaksi Bima Sakti

Milky Way atau Galaksi Bima Sakti adalah pusat galaksi yang ada di sekitar rasi Sagitarius. Posisinya cukup mudah dicari dengan aplikasi android Sky Map atau dilihat dengan mata telanjang jika langit cerah dan disekitar kita cukup gelap tanpa ada polusi cahaya.

Berburu keindahan Milky Way ini merupakan hal menarik, terutama dalam fotografi. Saya beberapa kali gagal bertemu dengan galaxy yang cukup menjadi incaran rekan-rekan pehobi fotografi.

Milky Way

Milky Way

 

Saya berburu mulai dari lokasi terdekat dengan rumah saya di Ungaran, tepatnya bukit di belakang rumah saya tapi cukup sekali sajalah kalau sendirian ke sana, horor bro wekekeke.

Kemudian beberapa waktu lalu bersama temen-temen GPI Semarang ke sebuah lokasi wisata Kampung Rawa di Ambarawa, trus lokasi foto sejuta umat di kampung nelayan Semurup, Ambarawa juga. Pernah juga ngecamp di Candi Gedong Songo kemudian berlanjut sendirian bergabung di hunting persami komunitas foto temanggung (koforte). Dan kemarin saya refreshing nglayap semalaman di sekitar Candi Borobudur namun hujan deras dan kabut tebal justru menemani saya sampai pagi.

Milky Way

Flower and Milky Way

 

dieng 1dtDari beberapa perjalanan tersebut,  belum sekalipun bertemu milky way yang memukau mata saya. Banyak faktor selain cuaca hujan atau sekedar mendung awet, lokasi dengan polusi cahaya masih banyak, jatah libur yang habis, ada ajakan hunting namun waktu tidak tepat, bahkan kamera pernah rewel dua bulan membuat saya tidak berkutik saat itu wekekeke.

Akhirnya saya bersama seorang teman hunting terdampar kembali di sebuah dataran tinggi Desa Tlogopucung, Kandangan, Temanggung. Desa yang terdapat Embung Eksotis ini terletak pada ketinggian 1000 m dpl di atas permukaan laut. Jadi cukup oke untuk melihat Milky Way., kalau dulu gagal karena hujan dan awan hitam, sekarang walau sorenya hujan lebat dan bikin saya sedikit gemes, akhirnya disela-sela gerimis sunset pun terlihat hingga malam harinya boleh saya bilang Amazing World.

Sunset Tlogopucang

Sunset Tlogopucang

 

Di sana kami bertemu dengan Pak Ida, salah satu guru yang mengajar di SD Negeri 1 Tlogopucang. Beliau sangat ramah dan bisa dibilang juga hobi membatik kain dan sudah lumayan juga ordernya hehe. Karena kami bermalam di salah satu ruang kelas maka dengan Pak Ida inilah kami mendapatkan akses ijin tersebut, alhamdulilah nambah silahturahmi lagi.

——–

dieng 2d1n    Malam sudah datang, makan malam sederhana siap disantap sambil menunggu suasana yang masih gerimis dan langit masih tertutup. Ditemani kopi dan berbagai camilan sambil ngobrol seputar fotografi hujan masih belum berhenti sampai hampir tengah malam dan kami pun istirahat sejenak di ruang kelas.

Sekitar pukul 01.00 wib saya terbangun dan keluar menengok langit, wahh cerah sekali dan hamparan bintang terlihat tak terhingga. Dan, saatnya menyiksa kamera sampai pagi hehehe…

Bertempat di kegelapan tanpa polusi cahaya sama sekali, sepanjang pemandangan kota di bawah Gunung Sindoro-Sumbing terlihat indah. Begitu juga dengan hamparan bintang dan milky way di atasnya. Benar-benar penampakan Milky Way yang jelas jika dilihat dari posisi yang tepat. Tampak membelah bumi ketika saya melihatnya dengan posisi tidur, meski lensa saya yang hanya 15 mm tidak bisa merekam keseluruhan namun, pengalaman pandangan mata melihat Milky Way di lokasi yang tepat ini memang sangat indah.

Milky Way Sindoro Sumbing Prau

Milky Way di atas Gunung Sindoro Sumbing Prau

 

Hmmm…, begitulah sedikit pengalaman saya berburu Milky Way ini, dan memang salah satu lokasi di dataran tinggi Temanggung ini cukup menarik bagi fotografer landscape, selain pemandangan gunung sindoro-sumbing-prau, ada juga embung atau tempat air buatan untuk mengairi lahan tanam sekitar persawahan yang cukup menawan.

Next, saya akan kembali ke lokasi-lokasi yang cukup oke untuk melihat Mliky Way dan pastinya akan berbagi ke semua via blog ini…

See you all… 😉

#SalamOtw

Milky Way Sindoro Sumbing dari Tlogo Pucang, Temanggung, Jawa Tengah

Milky Way Sindoro Sumbing dari Tlogo Pucang, Temanggung, Jawa Tengah

 

Berburu Keindahan Milky Way
(100%) 7 likes

Share

4 Responses to “Berburu Keindahan Milky Way”

  1. mizanul May 6, 2014

    Mbok aku dijak mrono Ndan

  2. Leonardus Dharma Yojana September 23, 2015

    kalau untuk pemotretan milky way, settingan kameranya bagaimana ya ? apakah lokasinya memang harus ditempat ketinggian dan sepi ?
    trimakasih

    • Fiandigital September 23, 2015

      Set kamera ke manual : speed 20″-30″ iso 800-3200, diafragma angka terkecil.
      Lokasi tinggi lebih baik, tidak harus sepi melainkan minim cahaya agar kita bisa mudah menemukan lokasi MW dengan mata kita. Salam.

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.