6 Hal Ini Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Meja Belajar Anak

image source: freepic

Pastinya pemilihan meja belajar itu harus disesuaikan dengan kebutuhan anak. Tetapi adanya beberapa brand meja belajar untuk anak yang sudah terjamin kulitasnya seperti Ikea, Funika, dan Infinity. Untuk mendapatkan meja belajar yang tepat, maka adanya beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat akan memilih meja belajar anak diantaranya yaitu :

  1. Memeriksa Ukuran Meja Belajar

Meja belajar yang luas bagi anak anak dapat membuat mereka lebih nyaman. Ukuran meja belajar yang ideal untuk anak anak adalah meja dengan lebar 100 cm dan kedalaman 60 cm. Hal tersebut dapat membantu, dan bahkan saat si kecil harus belajar dengan 2 hingga 3 buku sekaligus. Tetapi Anda juga bisa memilih meja belajar yang lebih ringkas saat ingin menghemat ruangan.

  1. Memilih Meja Belajar Yang Sesuai Dengan Tinggi Badan, Atau Yang Dapat Diatur Ketinggiannya

Saat memilih meja belajar juga harus disesuaikan dengan tinggi badan anak. Idealnya tinggi meja belajar itu adalah saat posisi lutut dan siku tangan yang Anda letakkan diatas meja akan membentuk sudut 900. Sangat dianjurkan memilih meja belajar yang dapat diatur ketinggiannya. Jadi nantinya saat si kecil tumbuh, maka meja belajar tersebut masih bisa tetap digunakan.

  1. Memilih Meja Belajar Yang Dilengkapi Laci

Dengan memilih meja belajar yang ada lacinya maka nantinya dapat digunakan untuk menyimpan buku atau peralatan belajar lainnya. Semakin banyak laci yang tersedia pada meja belajar, maka akan semakin mudah juga untuk Anda mengatur anak anak supaya terbiasa merapihkan barang barangnya. Periksa juga kedalaman lacinya, laci yang tergolong besar umumnya memiliki panjang seukuran kertas A4. Dengan begitu, nantinya si kecil akan lebih mudah menemukan barang yang dicarinya dan Anda akan lebih mudah saat akan membersihkan laci meja belajar tersebut.

  1. Desain Yang Sederhana Membuat Anda Dapat Meletakannya Di Ruangan Mana Pun

Jika Anda ingin meletakkan meja belajar di ruang tamu, maka sangat disarankan untuk memilih produk meja belajar dengan desainnya yang sederhana. Pasalnya meja belajar dengan desain yang simple jauh lebih nyaman digunakan karena akan cocok dengan berbagai interior dan bisa digunakan oleh semua usia.

Tetapi saat Anda akan membelikan meja belajar untuk anak yang baru akan memasuki Sekolah Dasar, kemungkinannya meja belajar dengan desain yang terlalu sederhana itu akan terlihat terlalu dewasa untuk usianya. Untuk mensiasatinya, Anda bisa melengkapinya dengan alas meja atau bantal dengan karakter yang disukainya. Sehingga meja belajar untuk anak tersebut akan terlihat lebih colorful.

  1. Memilih Meja Belajar Lengkap Dengan Rak Dan Kursi, Jika Tidak Ingin Repot

Jika Anda punya hobi mendesain ruangan dengan tema tema tertentu, maka memilih meja belajar yang dijual dalam bentuk set atau paket adalah tindakan paling tepat. Anda bisa memilih meja belajar untuk anak yang dilengkapi dengan kursi dan rak yang memiliki warna serupa sehingga lebih lebih matching dengan interior ruangan si kecil.

  1. Memperhatikan Pemilihan Material

Biasanya meja belajar ini terbuat dari dua material yaitu Solid Wood dan Veneer. Dimana kedua material tersebut memiliki fitur dan kelebihan masing masing, berikut penjelasannya :

  • Material Solid Wool sangat cocok bagi Anda yang ingin membeli meja belajar untuk jangka panjang.
  • Material Veneer yang bersifat lebih ringan dan lebih terjangkau harganya.
Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *